CARA AKTIVASI LOGIN PTK AGAR STATUS NUPTK MENJADI PERMANEN AKTIF

Posted by nurhasan Rabu, 31 Juli 2013 0 komentar


Server PADAMU NEGERI pindah Alamat ke http://118.98.222.83/
Server ini ERROR http://padamu.kemdikbud.go.id/ 
CARA AKTIVASI LOGIN PTK
Melalui dari tahapan Aktivasi Akun Sekolah sampai Login Sekolah selesai ,peran Operator Sekolah begitu penting karena untuk ke tahap Aktivasi Akun PTK Operator sekolah terus berusaha melengkapi data dari isian Formulir A01 yg diserahkan PTK sehingga dapat mencetakkan SURAT TANDA BUKTI VERVAL NUPTK LV.1,dalam surat tanda bukti inilah memuat User ID dan KODE AKTIVASI yg bisa di lakukan oleh PTK secara mandiri atau dibantu operator
1.Melengkapi Formulir isian EDS PTK secara online
2.Melengkapi Data Rinci NUPTK secara online
3.Mencetak Lembar Pengajuan VerVal NUPTK Level 2
4.Menerima Cetak Tanda Bukti VerVal NUPTK Level 2 (Final) dari Admin Sekolah dan nantinya disetujui Admin Dinas
Caranya seperti di bawah ini :
CARA AKTIVASI AKUN PTK
Contoh SURAT TANDA BUKTI VERVAL NUPTK LV.1 yg di Cetak oleh Operator Sekolah yang memuat :
User ID dan KODE AKTIVASI PTK untuk Aktivasi Akun PTK














  
KLIK ini ---->  Aktivasi Akun PTK 
1. Isi User ID dan KODE AKTIVASI PTK,kemudian KLIK LANJUT
2. Isi Passwod dan Email PTK pribadi untuk bisa Online Secara mandiri, kemudian KLIK LANJUT
    Ingat!! Passwod inilah untuk masuk LOGIN PTK
















3.Tampil data PTK Pribadi , benar salahnya bisa anda perbaiki kembali,sebelum kemudian
KLIK SIMPAN











Ke Tahap Login PTK

CARA LOGIN PTK 
KLIK ini ---->Login PTK
1. Untuk LOGIN di sini bisa Memakai  Nomor NUPTK PTK 








1. TAHAP MENGISI DATA ANGKET EDS
 









Tahapan ini PTK( Guru ) harus menjawab 56 Nomor Soal EDS dari 8 Standar Pendidikan nasional dan     Jabatan sebagai KEPALA SEKOLAH harus Menjawab 42 Nomor Soal EDS


Contoh Soal EDS untuk jabatan sebagai KEPALA SEKOLAH
INGAT!! Untuk menjawab Soal ini harus Kepala Sekolah dan di dampingi OPERATOR SEKOLAH









Contoh Soal EDS untuk PTK ( Guru )
INGAT!! Untuk menjawab Soal ini harus GURU dan di dampingi OPERATOR SEKOLAH














Isian EDS untuk Staf dan Penjaga Sekolah tidak ada
  










2. TAHAP MENGISI DATA RINCI ANDA











Dalam Tahapan Mengisi Data Rinci ini persis seperti DATA di DAPODIK
Banyak data/Dokumen yg perlu dipersiapkan PTK:
1.Kartu Keluarga
2.SK Mutasi,SK Penugasan /Awal bekerja di Sekolah induk (sebagai pegawai)
3.SK PNS(sebagai PNS)
4.SK PTT/GURU BANTU bila di akui masa kerjanya atau SK CPNS ( Sebagai Pendidik/Guru )
5.Slip/Daftar Gaji Pokok terakhir
6.Sertifikat Pendidik
7.Riwayat mengajar disekolah Induk dan Non Induk(Juni 2012 s/d Januari 2013)sesuai petunjuk
8.Ijasah SD
9.Ijasah Terakhir ( bisa SMA, D2 atau S1 )
10.Sedang bersekolah/kuliah( bisa D2 atau S1 )
Contoh Data Rinci untuk di isi PTK

Isian ini cuma bisa di isi apabila anak anda sudah/masih bersekolah

Tambahan Isian di Data Rinci PTK yang punya jabatan sebagai Kepala Sekolah dan Bendahara






















Cara isi riwayat mengajar di SD ( Wali Kelas 24 jam )
Misal Untuk Wali kelas 6 KLIK tingkat kelas 6 Semester 1 tahun 2012 jumlah Jam 24 per minggu KLIK TAMBAH isi lagi tingkat kelas 6 Semester 2 tahun 2013 jumlah jam 24 per minggu,Kemudian KLIK SIMPAN LANJUT
Riwayat mengajar disekolah INDUK





















Riwayat mengajar disekolah NON INDUK(kalau anda mengajar di sekolah lain isi juga ini)
















Cara isi Riwayat mengajar di SMP (Bahasa Inggris KTSP 4 jam)
Misal kls 7 ada 7a,7b,7c,7d  PTK mengajar ada di kls 7a,7c,          dari 2  rombel jumlah   8 jam
Misal kls 8 ada 8a,8b,8c,8d  PTK tdk ada mengajar                                  rombel jumlah   0 jam
Misal kls 9 ada 9a,9b,9c,9d  PTK mengajar ada di kls 9a,9b,9c,9d dari 4  rombel jumlah 16 jam
Dari jumlah itu PTK mengajar 24 jam per minggu
SEMESTER 1
KLIK tingkat kelas 7 Semester 1 tahun 2012 jumlah   8 jam/minggu KLIK TAMBAH
KLIK tingkat kelas 8 Semester 1 tahun 2012 jumlah      jam/minggu KLIK TAMBAH
KLIK tingkat kelas 9 Semester 1 tahun 2012 jumlah 16 jam/minggu KLIK TAMBAH
SEMESTER 2
KLIK tingkat kelas 7 Semester 2 tahun 2013 jumlah   8 jam/minggu KLIK TAMBAH
KLIK tingkat kelas 8 Semester 2 tahun 2013 jumlah      jam/minggu KLIK TAMBAH
KLIK tingkat kelas 9 Semester 2 tahun 2013 jumlah 16 jam/minggu KLIK TAMBAH
Kemudian KLIK SIMPAN LANJUT, Lihat hasilnya gambar di bawah 





























3. TAHAP VERIFIKASI DATA ANDA ( CETAK AJUAN )


Angket EDS dan Data Rinci sudah anda isi maka siap2 CETAK AJUAN 

Lihat gambar di atas Cek ulang kembali apakah data tersebut sudah benar, baru anda mencentang kotak sebelah kiri yang artinya anda sudah setuju.Kemudian Klik tanda Setuju & Cetak Ajuan.
Setelah anda Klik tanda tersebut maka akan keluar
S03a (SURAT PENGAJUAN VERVAL Lv.2 – NUPTK) dalam format PDF. Apabila anda tidak terhubung ke mesin cetak (printer) maka simpan formulir tsb dan sewaktu-waktu dapat anda cetak. Setelah anda cetak S03a maka segera tanda tangani dan serahkan kepada Operator / Admin sekolah dan sertakan pula berkas yang diminta dalam S03a tersebut, contohnya yg tertulis dibawah ini, agar di cek ulang kebenarannya data tersebut oleh admin. Dan anda tinggal menunggu Surat Pakta Integritas PTK nya.

Dibawah ini contoh Surat S03a.

















Bersama surat ini saya lampirkan:
1 Copy Ijazah (Selain SD dan ijazah terakhir) -->Ijasah SD/MI
1 Copy SK CPNS/PNS           <---sudah jelas
1 Copy SK Golongan Terakhir  <---sudah jelas
1 Copy SK Penempatan Tugas  <---SK bertugas/SK Mutasi disekolah induk sekarang
1 Copy SK Penugasan Mengajar dalam 5 tahun terakhir (SK Pembagian Tugas)
1 Copy Sertifikat Profesi Pendidik

Bagi OPR/Admin sekolah yang sudah menerima Surat Pengajuan Verval Lv.2 PTK(S03a) serta meneliti berkas yang diajukan PTK, Segera LOGIN SEKOLAH dan buka Verifikasi & Validasi. Kemudian Klik Entri Pemeriksaan Berkas PTK tsb. Gambar dibawah ini.


Setelah OPR/Admin menekan tombol Entri Pemeriksaan Berkas maka terbuka Verifikasi Level 2 Pendidik & Tenaga Kependidikan ( Pilih PTK ), seperti gambar dibawah ini. Dan PTK yang keluar adalah PTK yang sudah keluar/cetak print surat S03a.
Kemudian Klik PTK tersebut maka terbuka Biodata PTK, dan cek ulang kembali. Setelah biodatanya sudah benar anda (OPR sekolah) tekan tombol lanjut (bawah sebelah kanan) 



















Setelah anda tekan tombol lanjut, maka keluar data rinci PTK, seperti gambar di bawah ini 











Setelah Data Rinci PTK sudah benar maka tekan tombol lanjut, yang terbuka adalah Kelengkapan Berkas seperti gambar di bawah ini.















Bagi rekan OPR / Admin sekolah segera centang kotak kelengkapan berkas jika berkas tersebut benar-benar ada, dan jangan dicentang bila berkas masih kurang lengkap (kembalikan pada PTK untuk melengkapi). Apabila berkas sudah terpenuhi maka klik tombol simpan, kemudian muncul Cetak Tanda Bukti dan tekan tombol Cetak, seperti gambar dibawah ini.












Surat S07b Pakta Integritas untuk Kepala Sekolah
Contoh Surat S07a dan S04a Pakta Integritas untuk PTK yang diberikan ke Operator Dinas

4. MINTA PERSETUJUAN ADMIN DINAS UNTUK PERMANEN AKTIF
Surat S04a ditanda tangani oleh OPR/Admin sekolah dan Surat S07a ditanda tangani oleh PTK yang bersangkutan dengan materai Rp.. 6.000,- serta ditanda tangani oleh kepala sekolah. Dengan keluarnya surat S07a dan S04a maka PTK tersebut sudah mendapatkan bintang 3. Untuk memperoleh bintang 4, maka surat S07a dan S04a harus di bawa ke OPR / Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota beserta Berkas dan jangan lupa membawa KTP (PTK yang bersangkutan) untuk mendapatkan Validasi. Setelah divalidasi oleh OPR/Admin Dindik Kab/Kota, maka NUPTK sudah aktif dan bintangnya menjadi 4.
Mintalah Surat Tanda Bukti PENGAKTIFAN NUPTK (S08a) dari OPR/Admin Dinas Kab/Kota
 
 BAGI KEPALA SEKOLAH TIDAK BISA MENDAPATKAN SURAT SO3a JIKA SELURUH             PTK DI LEMBAGA YANG DIPIMPINNYA BELUM MEMPEROLEH BINTANG 4
INFO PEMBATALAN  DALAM TAHAP PEMUTAKHIRAN NUPTK
Fasilitas Pembatalan Transaksi (Info di Facebook Idhe Novian)
Fitur ini tersedia di menu Direktori PTK aplikasi SIAP PADAMU NEGERI. Penggunaan fitur ini akan memproses penurunan status bintang PTK sebagai berikut:

Bintang 4 ke Bintang 3 > Batal Pakta Integritas (oleh Admin Dinas)
Bintang 3 ke Bintang 2 > Batal VerVal Lv. 2 (oleh Admin Sekolah)
Bintang 2 ke Bintang 1 > Batal Aktivasi Akun (Oleh Admin Sekolah)
Bintang 1 ke Bintang 0 > Batal VerVal Lv. 1 (Oleh Admin Sekolah)

Fungsi dari fitur pembatalan dalam proses transaksi adalah sebagai berikut:
Menghapus salah satu dari data PTK yang ditemukan duplikasi/ganda.
Kebutuhan perbaikan data PTK (EDS atau Data Rinci) jika sudah terlanjur bintang 4.
Mengembalikan posisi awal data PTK karena alasan mutasi/pindah/pensiun/meninggal dunia/tidak bekerja lagi di sekolah induknya.
Menghapus data PTK yang terlanjur memiliki PegID karena dinilai tidak memenuhi persyaratan.

Catatan:
Semua proses transaksi pembatalan akan direkam (log) oleh sistem meliputi: akun, tanggal, jam dan lokasinya sebagai bukti transaksi di sistem PADAMU NEGERI yang sewaktu waktu dapat ditelusuri jika diperlukan. Mohon menggunakan fitur pembatalan ini dengan bijak dan akuntabel.

WARNING!!!Aturan pada Sistem PADAMU NEGERI secara otomatis akan menonaktifkan data PTK yang masih belum bintang 4 mulai 1 Oktober 2013.


Read more: http://sdn-sungailembu.blogspot.com/2013/06/cara-aktivasi-login-ptk-agar-status.html#ixzz2ae3IsGu6
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CARA AKTIVASI LOGIN PTK AGAR STATUS NUPTK MENJADI PERMANEN AKTIF
Ditulis oleh nurhasan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://servishpblog.blogspot.com/2013/07/cara-aktivasi-login-ptk-agar-status.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of TIP TRICK REPAIRHP.